.

Kamis, 31 Januari 2013

Pesona Natal Yang Berbeda Dari Paris

Berhubung Hari Natal sama dengan Hari Ulang Tahun Saya. Maka saya posting kan ini:) Enjoy..

Paris, yang disebut sebagai Kota Cahaya, berkilauan pada malam hari selama musim dingin yang meriah, ketika Champs – Elysees dan jalan-jalan Paris yang sempit, bercahaya dengan lampu berkelap-kelip, dipenuhi hiasan dan dekorasi Natal. Tidak terlupa juga dengan Menara Eiffel, yang selalu menjadi tujuan utama para wisatawan. Menara yang dinamai setelah nama perancangnya, Gustave Eiffel, ini pada awalnya dibangun sebagai gerbang masuk saat World Fair di tahun 1889. Selama 115 tahun berdirinya Menara Eiffel, lambang negara Perancis ini mulai dilengkapi dengan kios minuman, toko pernak-pernik, dan restoran mewah. Namun tidak ada yang sebanding dengan dibukanya Ice Skating Rink untuk menyambut Liburan Natal sejak tahun 2004.
Terletak di Deck Observasi dengan ketinggian 188 kaki dari permukaan tanah, Ice Rink ini menambahkan dimensi baru untuk pemandangan kota yang menakjubkan dari Menara Eiffel. Lapangan persegi panjang ini berukuran sedikit lebih besar dari lapangan tenis dan mampu menampung 80 peluncur sekaligus. Sensasi yang ditimbulkan dan pemandangan yang disajikan membuat para pendatang tidak dapat menahan diri untuk tidak ikut meluncur di sini.
Ice Skating Rink ini dibuka setiap hari dari jam 10.30 pagi sampai 10.30 malam pada bulan Desember sampai Januari. Biaya masuk dan penyewaan alat luncur tidak dikenakan apabila sudah membayar biaya masuk Menara Eiffel. Di sini juga disajikan bermacam-macam minuman hangat seperti hot chocolate dan anggur dengan cinnamon dan juga pretzel dan apple strudels.
Ditemani dengan efek lampu yang gemerlap dan musik, komplek seluncur ini adalah pilihan sempurna bagi para pengunjung yang menyukai kegiatan outdoor. Yang menarik juga adalah sensor gerakan yang terdapat pada area Ice Rink. Sensori ini terpasang di balik es dan akan menampilkan gambar berwarna-warni saat mendeteksi gerakan para peluncur. Di sini juga menyediakan fasilitas penyewaan sepatu luncur dengan berbagai ukuran, sehingga tidak perlu repot untuk membawa sepatu luncur sendiri.
Perusahaan yang mengelola Menara Eiffel berharap Skating Rink ini dapat menarik lebih banyak lagi orang Perancis untuk mengunjungi monumen ini. Dikarenakan sebagian besar pendatang adalah turis dari luar negeri. Salah satu ide di balik pembuatan Ice Rink ini adalah untuk meningkatkan minat dalam pencalonan kota Paris sebagai pelaksana Summer Olympic Games tahun 2012.

Tradisi Kue Yule Log

Tradisi Natal yang masih dilakukan oleh masyarakat Perancis sampai saat ini adalah menikmati Kue Yule Log. Awalnya Yule Log adalah kegiatan membakar batang kayu besar ke dalam perapian untuk membawa kemakmuran dan mengusir roh jahat sebagai bagian dari perayaan tradisonal Yule atau Natal di bangsa Eropa. Saat ini Yule Log lebih dikenal sebagai kue Natal yang dibuat menyerupai batang pohon.
Di Perancis, jenis Yule Log yang terkenal adalah Buche de Noel. Kue ini terbuat dari Genoise, salah satu jenis sponge cake, yang dipanggang menggunakan panggangan Swiss Roll, kemudian sebelum digulung, sponge cake ini diolesi dengan krim coklat. Namun dengan banyaknya didinginkan, lalu digulung menjadi bentuk silinder. Umumnya variasi, kadang digunakan kue coklat, ganache atau krim coklat beku, espresso, atau lainnya sebagai isi.
Buche de Noel dihidangkan dengan bagian ujung kue dipotong kemudian ditata di samping sisa kue yang belum dipotong untuk menyerupai pohon yang ditebang. Kadang menggunakan krim mentega atau krim coklat beku untuk menghasilkan tekstur kulit pohon pada kue. Kue ini kemudian dihiasi dengan gula halus yang menyerupai salju, dahan pohon, buah beri segar, dan jamur yang terbuat dari krim meringue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar